Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Profile

Kompetensi keahlian teknik sepeda motor SMK Negeri 1 Anjatan merupakan kompetensi keahlian yang dikembangkan berdasarkan analisis minat lulusan SMP yang berada di lingkungan kec. Anjatan tentang Teknik Sepeda Motor. Melihat tingginya minat masyarakat untuk peminatan ini, maka SMK Negeri 1 Anjatan membuka kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor pada tahun pelajaran 2012/2013.

SMKN 1 Anjatan Kabupaten Indramayu adalah sekolah Menengah Kejuruan yang menerapkan pemebelajaran kemitraan dengan industri pasangannya dengan sistem Teaching Factory atau Teaching Industri. Teaching Factory merupakan aplikasi dari model pembelajaran PBT (Production Base Training) yang dianjurkan untuk dilaksanakan di SMK dalam rangka peningkatan kompetensi siswa yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Pembelajaran Kewirausahaan pada SMK Negeri 1 Anjatan sejalan dengan tema prioritas pendidikan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu peningkatan akses pendidikan yang berkualitas, terjangkau, relevan dan efisien menuju terangkatnya Kesejahteraan Hidup rakyat, kemandirian, keluhuran budi pekerti, dan karakter bangsa yang kuat.

Pelaksanaan pendidikan pada SMKN 1 Anjatan diarahkan demi tercapainya pertumbuhan ekonomi yang didukung keselarasan antara ketersediaan tenaga terdidik dengan kemampuan :
1. Menciptakan lapangan kerja atau kewirausahaan dan
2. Menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja

Terwujudnya SMKN 1 Anjatan yang dapat menghasilkan tamatan berjiwa wirausaha yang siap kerja, cerdas, kompetitif, dan memiliki jati diri bangsa, serta mampu mengembangkan keunggulan lokal dan dapat bersaing di pasar global menjadi harapan kita semua baik itu orang tua siswa, masyarakat maupun pemerintah